(فَصْلٌ
) تَحْرُمُ الّصَلاَةُ الَّتِيْ لَيْسَ لَهَا سَبَبٌ مُتَقَدِّمٌ وَلاَ مُقَارِنٌ
فِي خَمْسَةِ أَوْقَاتٍ : عِنْدَ طُلُوْعِ الّشَمْسِ حَتّىَ تَرْتَفِعَ قَدْرَ رُمْحٍ وَعِنْدَ الْإِسْتِوَاءِ فِي غَيْرِ
يَوْمِ الْجُمُعَةِ حَتَّىَ تَزُوْلَ ، وَعنْدَ الْإِصْفِرَارِ حَتّىَ تَغْرُبَ
وَبَعْدَ صَلاَةِ الّصُبْحِ حَتّىَ تَطْلُعَ الّشَمْسُ وَبَعْدَ صَلَاةِ الْعَصْرِ
حَتّىَ تَغْرُبَ
Shalat itu haram manakala tidak ada mempunyai sebab terdahulu atau sebab yang bersamaan (maksudnya tanpa ada sebab sama sekaliseperti sunat mutlaq) dalam beberapa waktu, yaitu:
1. Ketika terbit matahari sampai naik sekira-kira sama dengan ukuran tongkat atau tombak.
2. Ketika matahari berada tepat ditengah tengah langit sampai bergeser kecuali hari Jum’at.
3. Ketika matahari kemerah-merahan sampai tenggelam.
4. Sesudah shalat Shubuh sampai terbit matahari.
5. Sesudah shalat Asar sampai matahari terbenam.
No comments:
Post a Comment